Change

Perubahan. Seringkali kita mendengar kata perubahan, entah di dalam lingkungan maupun dalam hati kita sendiri. Adanya perubahan sendiri diindikasikan karena adanya sesuatu yang perlu diperbaiki agar menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

Blog ini awalnya dibuat pada tanggal 10 Januari 2010. Blog ini bertujuan untuk memberikan sebuah tutorial tentang permasalahan komputer, teknologi, internet, dan semacamnya, juga berisi tentang catatan kegelisahan dari pemikiranku saja. Konten ini masih bertahan hingga tahun 2012, dan pada tahun yang sama saya sempat aktif di blog “keroyokan” yaitu di kompasiana. Di kompasiana pada awalnya saya menulis tentang berita – berita yang sedang marak di negara – negara terutama Indonesia, kemudian ketika melihat di bagian fiksi entah kenapa saya mulai tertarik di dunia itu dan kemudian merubah arah tulisan saya di kompasiana menjadi fiksi, dimulai dari sebuah puisi lalu kemudian cerpen. Untungnya puisi saya pernah berada di headline kompasiana dan saya bersyukur sekali, juga beberapa kali tulisan mengenai carut marut negara Indonesia pernah bercokol di headline kompasiana. (PS : Tulisan di kompasiana juga saya terbitkan di blog pribadi ini).

Pada pertengahan tahun 2012, perubahan itu terjadi. Kemauan saya untuk konsisten menulis baik di blog pribadi dan kompasiana mulai berkurang. Hingga akhirnya blog ini mulai terbengkalai dan akun di kompasiana juga. Saya mulai fokus ke dunia kampus, sebab pada tahun 2012 merupakan tahun ke – 4 saya berada di kampus dan harusnya sudah mulai masuk tahap untuk mengerjakan Skripsi/Tugas Akhir. Selain dunia akademik di kampus, saya juga aktif dalam organisasi yang ada di dalamnya dan banyak terlibat dalam berbagai acara yang dibuat. Hal di atas sebenarnya bukanlah suatu alasan yang sakral untuk berhenti “Nge-blog”, iya bahasa keren dari menulis sesuatu di blog. Memang tidak ada alasan untuk berhenti nge-blog, namun kehidupan itu seperti roda, kadang kita berada di atas dan giat sekali dalam nge-blog, kadang kita juga berada di bawah dan disitulah kebosanan kadang melanda. Pernah saya dengar dari temen sebuah pepatah yaitu ; “Hidup itu cuma ada dua, kalau tidak tertawa ya menangis“. Menurut saya arti itu sangat dalam, yakni tidak selamanya manusia itu berada dalam sebuah kebahagiaan ataupun kesedihan, mereka akan merasakan keduanya, sebab disanalah keseimbangan terjadi.

Kata “Stuck” dalam nge-blog memang kadang menjadi kendala dalam hal kekonsistenan kita dalam mengelola blog. Tapi, satu yang harus diingat bahwasanya kita jatuh hanya untuk bangkit lagi, bukan meratapinya dan kemudian mengeluh. Maka dari itu, bangkit lagi untuk mengelola blog bukanlah suatu hal yang tidak mungkin. Saya percaya bahwa yang menyebabkan ketidak-mungkinan tersebut adalah sugesti dari kita sendiri, serta kemauan. Banyak orang – orang sukses yang berhasil karena menggabungkan sugesti, kemauan, dan kemampuan mereka untuk bangkit. Apa yang orang sebut sebagai “Limitless” bagi saya merupakan hal yang harus kita lewati bukan malah menjadi pembatas dalam melakukan hal apapun.

Berkaitan dengan kata “Change” yang ada di judul, maka mulai dari hari ini cobalah untuk men-sugestikan diri anda sendiri untuk tidak lagi malas dalam nge-blog. Saran saya juga, jangan terlalu lama absen dalam nge-blog sebab biasanya ketika telah lama tidak mengelola blog akan dibutuhkan waktu yang lama untuk mau kembali mengelola blog. Maksud kata “change” dalam hal ini juga, bahwasanya saya memberitahukan akan merubah tampilan dan isi konten dari blog saya sendiri. Mungkin pada awal tahun blog ini akan terasa lebih baik dari sebelumnya. Doakan saja semoga blog ini bisa tampil lebih baik daripada sebelumnya.

Dalam hal merubah tampilan serta isi konten blog serta bagaimana caranya konsisten kembali dalam nge-blog, kemarin teman saya si @adygila memberitahukan bahwa untuk menjaga kekonsistenan nge-blog kita diperlukan adanya deadline bagi diri sendiri dengan cara membuat jadwal posting dan teman saya ini membuatnya di excel. Saya pun meminta file tersebut dan berencana untuk mengatur ulang kembali jadwal posting untuk blog ini, setelah sebelumnya saya tidak pernah membuatkan jadwal untuk posting di blog.

Semoga apa yang sudah saya sampaikan di atas bisa menjadi sebuah pelajaran terutama untuk diri saya sendiri dan semoga teman – teman juga mendapatkan pelajaran dari postingan acakadut saya ini. Terima Kasih.

5 thoughts on “Change”

  1. Ini mending blognya masih jalan sejauh dan sebagus ini. Lha saya, udah setahun bikin blog tp isinya kosong. hehehe kompasiananya jg masih sgtu2 ajah. Padahal saya udah bikin jadwal nulis. Tp ya tetep ajah gagal. 🙂 sepertinya saya ndak bakat nulis dah. Semoga blognya semakin asik 😉 *maaf curhat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *