I make a SON for my friends

Kejadian ini bermula ketika bulan september tahun 2011 kemarin, ketika hatiku mulai “GALAU” diterpa oleh nikmatnya masalah yang berdatangan kepadaku. Aku ditinggalkan oleh kekasihku yang sangat aku cintai, belum lagi dengan masalah yang ada di kampus, dsb. Namun semua itu kulalui dengan penuh semangat karena seperti kata pepatah “Ketika kau dalam masalah jangan mundur tapi lanjutkan perjalananmu, karena mundur tidak akan menyelesaikan masalah“.
Ketika bulan itu tidak tahu mengapa aku sering mendengarkan ataupun membaca tentang hal – hal yang berbau bijak, seperti kata – kata bijak, cerita yang bijak, dan semua yang bijak – bijak deh. Terus.. apa hubungannya dengan SON yang terdapat pada judul di atas ya ??.
Sebenarnya kata “SON” di atas tadi adalah singakatan dari SMS On the Night (SON). SON merupakan sebuah isi sms yang berisi tentang kata – kata motivasi. Latar belakang dari pembuatan SON ini sebenarnya adalah rasa ingin berbagi kepada sesama, yaitu dengan cara mengirimkan sms ke setiap teman yang ada di kontak HP-ku.
Pertama kali aku mengirimkan SON ini banyak yang bertanya apa “maksudnya ini ?? koq saya di panggil anak”, tapi kebanyakan mereka bertanya sederhana saja “SON itu apa ?”. Akhirnya aku jawab satu persatu balasan SMS yang menanyakan pertanyaan itu dengan arti SON menurut versiku. Mereka bisa mengerti bahkan mereka senang dengan adanya SON ini. Tak jarang ada yang membalas, “koq suasana pas bener ya ??” maksudnya ketika aku mengirimkan kata – kata motivasi mengenai amarah ternyata ada beberapa orang dari mereka yang memang lagi memendam amarah dan sangat terbantu karena ketika aku mengirimkan SON ini hati mereka sudah sedikit lebih tenang.
Sudah berbulan – bulan aku mengirimkan mereka sms terus tanpa pernah berharap ada yang akan membalas (feedback) kepadaku ataupun berharap untuk diisikan pulsa oleh teman – temanku. Bahkan salah satu dari mereka pernah bertanya, “Kamu gak rugi tah ? ngirim sms tiap hari”, Aku jawab “Tidak ada yang rugi kalau niatnya hanya untuk berbagi dan saya tidak pernah memikirkan pulsa saya akan habis karena memang nantinya juga akan aku isi juga.”
Dalam perjalanan aku mengirimkan SON ini banyak juga yang berdiskusi tentang isi dari SON yang pernah aku kirimkan, aku jawab dengan sepengetahuanku saja dan mereka pun bisa menerima apa yang aku sampaikan walaupun hanya lewat sms saja kita berdiskusi.
Ketika aku jarang mengirimkan SON pun ada yang menanyakan “Kemana SON nya koq gak ada?”. Kebetulan selain disibukkan dengan jadwal kuliah yang ada aku pun sbuk dengan mengurusi organisasi yang ada di kampus. Akhirnya aktivitas mengirimkan SON tidak berjalan untuk beberapa hari, tapi selama ini hampir tiap hari aku terus mengirimkan SON kepada teman – temanku itu. Ada satu temanku yang bilang seperti ini “Aku loh nungguin SON kamu tiap malam ? tapi koq gak ada ya ??”. Aku sungguh terharu dengan sambutan yang sangat apresiatif itu. Tak henti – hentinya aku bersyukur kepada Tuhan karena aku sudah bisa berbagi dengan sesama walaupun hanya dengan Rp 150 saja.
Aku berikan beberapa contoh SON yang memang kebanyakan berasal dari pengalaman pribadiku sendiri :
– Terlalu Fokus pada satu hal membuatmu tak dapat melihat hal lain yang mungkin lebih baik daripada “satu hal” itu.
Dokumen pribadi (facebook.com)
Dokumen pribadi (facebook.com)
– Jangan biarkan mata hati kita tertutup agar kita bisa melihat betapa indahnya hidup ini.
– Kalahkan alasanmu yang pesimis sebelum engkau memulai sesuatu.
– Pilihan yang terbaik adalah menjadi baik dan membaikkan. Pilihlah dengan hati nurani dan lakukan dengan keikhlasan.
– Jangan terlalu berharap dengan apa yang kita berikan kepada orang, terus dia merasa bersyukur. Tapi ikhlaslah dalam melakukan sesuatu, karena dari itu semua kamu akan merasakan indahnya berbagi.
– Terlalu sering mengumpat adalah hal yang tidak perlu bila kita ingin menjadi manusia yang anggun.
– Hormatilah janji anda. Setiap pembatalan janji baik, adalah satu langkah mundur.
– Kualitas yang menjadi dasar dari semua kebaikan pribadi adalah kejujuran kepada diri sendiri.
– dll.

Sebenarnya masih banyak Kata – kata SON lainnya, bukan hanya puluhan mungkin juga sudah ratusan karena aku mengirimkannya setiap hari kepada teman – temanku sampai beberapa bulan terakhir ini. Aku vakum untuk mengirimkan SON kepada temanku dikarenakan kesibukanku yang bertambah. Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *