Ternyata ada “Malware” pada Apple Store

Belakangan ini sistem keamanan pada Apple mulai dipertanyakan sejak ditemukannya “Malware” pertama yang terdapat pada Apple Store. Aplikasi ini disebut “Find and Call”, penemuan malware ini pertama kali dikemukakan oleh perusahaan anti virus ternama yaitu Kapersky. Kemudian mereka langsung mengumumkannya lewat akun Twitter dan blog.

Aplikasi yang tersedia untuk Apple dan Android ini telah mencuri daftar kontak pengguna dengan tujuan mengirimkan pesan spam. Aplikasi bernama “Find and Call,” ini berbentuk phone book, tetapi daftar kontak pengguna yang megunduh aplikasi ini akan otomatis diunggah ke server pengembang malware tersebut.



Denis Maslennikov dari Kaspersky mengatakan, sekali “Find and Call” mencuri daftar kontak penggunanya, aplikasi tersebut akan mengirim pesan ke seluruh nama terdaftar yang dilengkapi tautan untuk juga mengunduh aplikasi tersebut.


Maslennikov sempat melacak pembuat aplikasi tersebut hingga ke sebuah website perusahaan yang berbasis di Singapura, yang mencoba mencari tahu informasi pengunjungnya, termasuk informasi PayPal. “Tipe software berbahaya ini, disebut Trojan, sebelumnya juga telah muncul di Google Play. Tapi ini adalah kasus pertama yang kami temukan di Aplle App Store,” katanya.


Pesan teks Spam kebanyakan gangguan kecil, tetapi mereka menjadi lebih luas. Konsumen Amerika menerima sekitar 4,5 miliar teks spam yang tahun lalu, lebih dari dua kali lipat jumlah yang diterima pada tahun 2009, menurut Ferris Research, sebuah perusahaan riset pasar.

“Find And Call” adalah masalah cyber keamanan terbaru untuk mempengaruhi Apple. Pada bulan April, virus komputer yang  dikenal sebagai “Flashback” atau “Flashfake” menyebar dengan cepat di seluruh dunia, men-download sendiri ke 600.000 diperkirakan Mac dan memungkinkan hacker untuk memperoleh akses remote ke komputer korban.



Sampai dengan Kamis (5/7) kemarin, aplikasi tersebut masih tersedia di Apple Store dan Google Play. Di Google Play Store, aplikasi itu telah diunduh lebih dari 100 kali dan mendapat 3,5 bintang, dan 1,5 bintang di Apple Store.


Namun saat ini pihak Apple akhirnya menghapus Find and Call dari App Store. “Kami telah menghapus Find and Call karena ia mengakses phonebook pengguna, hal ini melanggar pedoman App Store,” kata juru bicara Apple kepada Macworld. 

Selain di App Store, Find and Call juga telah dihapus di toko aplikasi khusus Android, Google Play.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *