Say Pertamax As You Can

Di Negara – negara besar kebutuhan sehari-hari mulai semakin mendulang tinggi, terutama pada sektor migas dimana banyak masyarakat yang bergantung sekali pada kebutuhan migas ini, khususnya pada bahan bakar minyak.
Tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat zaman sekarang sudah lumrah dengan adanya kendaraan bermotor yang signifikan juga dengan kebutuhan bahan bakar minyak yang semakin meningkat pula. Kemarin kita sering memakai bahan bakar minyak yang disebut Premium, namun kali ini dari pihak pembuat Bahan bakar terbesar di Indonesia saat ini yaitu PT. Pertamina membuat banyak terobosan – terobosan baru, salah satunya adalah produk Pertamax yang beberapa tahun akan ke depan diprediksikan akan menjadi salah satu gaungdari PT. Pertamina sendiri selain bahan bakar Premium tadi.

Apa itu Pertamax ?
Pertamax adalah bahan bakar minyak andalan Pertamina. Pertamax, seperti halnya Premium, adalah produk BBM dari pengolahan minyak bumi. Pertamax dihasilkan dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannya di kilang minyak. Pertamax pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 sebagai pengganti Premix 98 karena unsur MTBE yang berbahaya bagi lingkungan. Selain itu, Pertamax memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Premium. Pertamax direkomendasikan untuk kendaraan yang diproduksi setelah tahun 1990, terutama yang telah menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI) dan catalytic converters (pengubah katalitik). (http://id.wikipedia.org/wiki/Pertamax)
Deskripsi:
1.      Pertamax merupakan suatu bahan bakar bensin yang ramah lingkungan karena tidak mengandung timbal (unleaded).
2.      Pertamax PERTAMINA memenuhi standard mutu dari Dirjen Migas. 3674 K/24/DJM/2006).
3.      Ditambah aditif untuk membersihkan Intake Valve, Fuel Injector dan Ruang Bakar dari carbon deposit.
4.      Direkomendasikan untuk kendaraan yang diproduksi diatas tahun 1990 terutama yang telah menggunakan teknologi setara dengan electronic fuel injection dan catalytic converters.
5.      Digunakan pada mobil dengan kompresi 9:1 – 10:1
Bagaimana Karakteristiknya ?
a.     Ditujukan untuk kendaraan yang menggunakan bahan bakar beroktan tinggi dan tanpa timbal.
b.    Untuk kendaraan yang menggunakan electronic fuel injection dan catalyc converters.
c.     Oktan atau Research Octane Number (RON) yang lebih tinggi dari Premium. Yaitu mempunyai Nilai Oktan 92.
d.    Karena memiliki oktan tinggi, maka Pertamax bisa menerima tekanan pada mesin berkompresi tinggi, sehingga dapat bekerja dengan optimal pada gerakan piston. Hasilnya, tenaga mesin yang menggunakan Pertamax lebih maksimal, karena BBM digunakan secara optimal. Sedangkan pada mesin yang menggunakan Premium, BBM terbakar dan meledak, tidak sesuai dengan gerakan piston. Gejala inilah yang dikenal dengan ‘knocking’ atau mesin ‘ngelitik’.
e.    Bebas timbal
f.     Ethanol sebagai peningkat bilangan oktannya
g.    Menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah yang sangat sedikit dibanding BBM lain
Type of Pertamax
Pertamax memiliki banyak tipe, diantaranya adalah ;
1.      Pertamax
Deskripsi:
a.       Pertamax merupakan suatu bahan bakar bensin yang ramah lingkungan karena tidak mengandung timbal (unleaded).
b.      Produk Pertamax PERTAMINA memenuhi standard mutu dari Dirjen Migas. 3674 K/24/DJM/2006).
c.       Ditambah aditif untuk membersihkan Intake Valve, Fuel Injector dan Ruang Bakar dari carbon deposit.
d.      Direkomendasikan untuk kendaraan yang diproduksi diatas tahun 1990 terutama yang telah menggunakan teknologi setara dengan electronic fuel injection dan catalytic converters.
e.       Digunakan pada mobil dengan kompresi 9:1 – 10:1
2.      Pertamax Dex
Deskripsi:
a.       PERTAMINA DEX merupakan bahan bakar mesin diesel modern yang telah memenuhi dan mencapai standar emisi gas buang EURO 3, memiliki angka performa tinggi dengan cetane number min.53, memiliki kualitas tinggi dengan kandungan sulfur di bawah 300 ppm.
b.      Direkomendasikan untuk mesin diesel teknologi terbaru (Diesel Common Rail System).
c.       Produk Minyak Pertamina Dex memenuhi standard mutu dari Dirjen Migas. 3675 K/24/DJM/2006).
3.      Pertamax Plus
Deskripsi:
a.       Pertamax Plus merupakan suatu bahan bakar dengan nilai oktan tinggi yang ramah lingkungan karena tidak mengandung timbal unleaded) dan metal lainnya.
b.      Produk Pertamax Plus PERTAMINA memenuhi standard mutu dari Dirjen Migas. 3674 K/24/DJM/2006).
c.       Ditambah aditif untuk membersihkan Intake Valve Port Fuel Injector dan Ruang Bakar dari carbon deposit.
d.      Direkomendasikan untuk kendaraan yang menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI),Variable Valve Timing Intelligent (VVTI), (VTI), Turbochargers dan catalytic converters.
e.       Digunakan pada mobil dengan kompresi 10:1 – 11:1
(Wikipedia, http://wikipedia.com/pertamax(diakses tanggal 06 Juli 2012))
Apa Keunggulannya dibandingkan produk lain ?
Perbedaan harga yang mencolok antara premium dan Pertamax menjadi alasan utama konsumen masih berbondong-bondong memboyong premium. Padahal jika ditilik dari manfaat menggunakan Pertamax sangatlah besar. Sebut saja lantaran oktannya lebih tinggi dan berpengaruh pada mesin kendaraan.
Menggunakan premium sama saja dengan meninggalkan kotoran pada saringan bensin, banyak endapan pada bagian tangki dalam bentuk pasir halus warna cokelat. Mesin akan kasar, susah dinyalakan dalam kondisi dingin. Jika tetap dipakai pada mesin kendaraan dengan kompresi generasi baru, maka mengakibatkan knocking.
Berbeda jika memakai Pertamax atau Pertamax Plus, meski harganya mahal namun tidak banyak meninggalkan kotoran. Mesin mudah hidup dalam kondisi dingin atau panas, dan pembakaran lebih sempurna terutama pada mesin dengan kompresi generasi baru.
Apa Kata Mereka ???
Saya mencoba memberikan suatu testimoni dan pendapat dari beberapa orang tentang pertamax, agar para pembaca semua bisa tahu seberapa besar pengaruhnya pertamax dalam masyarakat.

“Pertamax lebih irit meski dengan beban berat. Sebab tidak ada detonasi dan menghasilkan tenaga gede. Beda dengan pakai Premium. Gas harus dipelintir abis mulu. Sehingga boros.” (Iwan wibisana/blogger).
“salut buat pertamax walaupun harga lebih tinggi tapi kualitas ga bohong. suprax125 kecepatan kira-kira 60 jarak 68 km ngisi 10rb(1,56L) bisa bertahan 2 hari beda dengan premium cuma sehari aja.” (aji49smakbo/blogger).
“Menggunakan premium sama saja dengan meninggalkan kotoran pada saringan bensin, banyak endapan pada bagian tangki dalam bentuk pasir halus warna cokelat. Mesin akan kasar, susah dinyalakan dalam kondisi dingin. Jika tetap dipakai pada mesin kendaraan dengan kompresi generasi baru, maka mengakibatkan knocking.
Berbeda jika memakai Pertamax atau Pertamax Plus, meski harganya mahal namun tidak banyak meninggalkan kotoran. Mesin mudah hidup dalam kondisi dingin atau panas, dan pembakaran lebih sempurna terutama pada mesin dengan kompresi generasi baru.” (kutipan pada Harian Equator KALBAR).
Dalam hal ini saya juga mempunyai gambar tentang perbandingan Premium dan Pertamax.
Gb. Perbandingan Premium, pertamax, dan pertamax plus (www.otomotifnet.com)  
Bisa dilihat dari gambar di atas perbedaan yang nyata dari premium dan pertamax sendiri. Perbedaan yang sungguh realistis bila dilihat dari nilai oktannya sendiri. Kalau dari saya boleh berpendapat seperti dari testimony di atas, saya sendiri pasti akan memakai pertamax bila saya mempunyai kendaraan nanti (Amin..*SambilBerdoa*), karena dilihat dari fungsi dan kualitas yang dihasilkan oleh bahan bakar Pertamax.
“KUALITAS lebih berarti daripada KUANTITAS, karena KUALITAS akan lebih Abadi hasilnya daripada KUANTITAS.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *