Apa itu “Kiamat Internet” ???

Sejumlah pengguna Internet digegerkan dengan kabar bahwa akan ada “Kiamat Internet” yang akan terjadi pada tanggal 9 juli 2012 nanti. Pasalnya dalam berita tersebut dikabarkan bahwa jaringan internet di seluruh dunia akan mati.

Bagaimana Ini Bisa Terjadi ??
Kehebohan ini bermula dari serangan malware yang disebut DNSCharger, sebuah program jahat yang mampu memanipulasi Domain Name System (DNS) di komputer yang telah menjangkitinya. Bahayanya lagi pada November 2011 silam virus ini diketahui telah menjangkit ratusan ribu komputer di seluruh dunia.


Nah, untuk memberantas virus tersebut, FBI berencana untuk mematikan sejumlah server yang digunakan untuk memanipulasi DNS palsu di komputer korban. Sebelumnya aksi sapu bersih ini akan dilaksanakan pada 8 Maret 2012, namun demi meminimalisir dampak yang ditimbulkan, eksekusi diundur hingga 9 Juli 2012.



Lebih celaka lagi, DNSchanger ini tidak hanya menginfeksi komputer PC dan Mac tetapi ia juga memiliki kemampuan untuk menginfeksi router-router dan memanipulasi DNS server dari router tersebut. 

Sehingga seluruh komputer atau perangkat yang terkoneksi melalui router ini dan secara otomatis menggunakan DNS router ini akan ikut tersesat dan mengalami kiamat internet juga sekalipun komputer-komputer ini sama sekali tidak terinfeksi oleh DNSchanger.

Sebagai informasi, DNS atau Domain Name Server merupakan sarana penerjemah antara bahasa manusia dengan alamat IP (internet protocol) yang merupakan bilangan angka. 



Apa Dampaknya Bagi Pengguna Internet di Indonesia ??

Banyak sekali pengguna – pengguna internet di Indonesia yang heboh tentang kabar “Kiamat Internet” ini, padahal belum tentu di negara kita ini akan terjadi hal tersebut, namun karena berita ini adalah berita yang mendunia, maka tidak dapat dipungkiri bahwasanya banyak para pengguna internet cukup resah mendengar adanya kabar ini.

Jika kita lihat gambar dan tabel di bawah ini, maka kita (para pengguna internet di Indonesia) akan mengerti tentang dampak yang akan dirasakan akibat adanya “Kiamat Internet” ini.

Dari data di atas tidak tampak bahwa negara Indonesia ini berada pada urutan 25 besar negara – negara yang terkena malware DNSChanger ini, pasalnya di Indonesia cuman terinfeksi skitar 0,003% saja, yang jika dikalikan dengan pengguna internet Indonesia yang mencapai 55 juta, maka hal itu tidak terlalu berpengaruh dengan adanya kabar yang begitu menggemparkan negara kita ini.

Bagaimana Cara Mencegah atau Mengatasi Malware ini ??
Anda tidak perlu khawatir dengan masalah “Kiamat Internet”, jika antivirus anda sudah terupdate saya rasa perangkat komputer/PC/Laptop anda akan aman2 saja. apabila masih belum yakin saya mempunyai suatu cara untuk mengetes apakah perangkat Komputer/PC/Laptop anda aman. silahkan anda kunjungi situs di bawah ini :

http://dns-ok.us/
http://dns-ok.de/
http://dns-ok.ax/index_en.html
http://dns-ok.fi/index_en.html

Apabila hasil test berwarna hijau, maka komputer Anda normal. Namun bila hasilnya berwarna merah, maka setting DNS server dari komputer Anda atau router broadband Anda diarahkan ke server jahat yang dikenal.


Lalu, bagaimana hasilnya jika memang komputer/PC/Laptop anda terkena malware ini, jangan khawatir disini ada cara untuk menyembuhkan perangkat yang sudah terjangkit :

Komputer
1. Disarankan untuk mengembalikan setting DNS komputer yang terjangkit untuk mendapatkan settingan lama dengan otomatis. Silakan kontak ISP atau admin IT kantor Anda untuk mendapatkan bantuan.

2. Jika komputer terjangkit malware DNSChanger usahakan untuk tidak mengupdate sistem dan database software security. 

Untuk membersihkan virus tersebut pengguna Windows dan Mac bisa menggunakan aplikasi antivirus yang paling update, baik versi gratisan ataupun berbayar.

3. Setelah dibersihkan, gunakan lagi metode test di atas untuk meyakinkan apakah setting DNS server sudah normal atau belum.

Broadband Router
Disarankan untuk mengikuti dokumentasi yang disediakan oleh vendor untuk mereset settingan DNS server dan mengubah password default admin.
Terima Kasih. semoga bisa Menginspirasi para netter di seluruh dunia dan di Indonesia pada khususnya.

Source : 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *