Sebuah Catatan tentang UN 2009

UN 2009………???? Hah sesuatu yang menakutkan bila ditakuti….bila dibiarkan begitu saja seperti tidak ada artinya…. maraknya berita tentang Ujian Nasional sekarang sedang gencar-gencarnya, di media massa maupun media elektronik seperti tidak akan ada habisnya. Sekarang kami para siswa SMA sedang deg-degan menunggu hasil yang akan keluar dari depdiknas apakah kami akan lulus atau tidak ????? sungguh sesuatu yang dilema…… apalagi ditambah dengan adanya Ujian Ulang bagi para siswa yang sekolahnya telah di cap terlibat adanya kecurangan.
Sebagian besar siswa dari 33 SMA dan 16 SMP, yang harus mengulang ujian nasional, akan mengikuti ujian tersebut pada 10-15 Juni ini. Namun, sebagian siswa menyatakan tidak siap karena pemberitahuan ujian nasional ulang sangat mendadak dan secara mental sedang drop. Hal inilah yang justru akan membuat bangsa kita di mata dunia semakin terpuruk
Dengan inilah seharusnya pemerintah segera bangkit dari alam bawah sadarnya (alam bawah sadar…yak Romi Rafael aja) agar bangsa Indonesia tidak dipandang sebelah mata lagi dalam dunia pendidikan. Pemerintah harus segera membenahi segala kekurangan yang ada dalam dunia pendidikan ini mulai dari kurikulum yang diterapkan sampai dengan tenaga pengajarnya. Ternyata Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) ternyata belum mengambil langkah konkret untuk menyikapi kasus ketidaklulusan seratus persen siswa 19 SMA di tanah air dalam ujian nasional (unas). Sejauh ini belum diungkapkan siapa yang paling bertanggung jawab atas beredarnya kunci jawaban palsu penyebab ketidaklulusan itu.
Sebelumnya, terdapat 19 SMA di Indonesia yang 100 persen siswanya tidak lulus unas. Sekolah itu berada di Palembang, Gorontalo, Jatim, NTB, Jabar, dan Bengkulu. Di Jatim, kasus ketidaklulusan itu terjadi di SMAN 2 Ngawi dan SMAN Wungu, Madiun. Unas ulang pun dijadwalkan 8-12 Juni mendatang.
Pemerintah sebaiknya introspeksi diri dengan sudah terkuaknya aib ini, jangan hanya bisa berkonsep saja tapi juga buktikan bahwa omongan anda benar adanya walaupun semua apa yang anda utarakan pada masyarakat tidak mungkin bisa terwujudkan semuanya. Namun sebisa mungkin berjuang sekuat tenaga. Dan diharapkan pada kurikulum yang akan datang semoga menjadi lebih baik lagi agar bangsa kita bisa berjaya di dunia dalam bidang pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *