Mengedit Grub Dan Mengganti Background di Grub Pada Ubuntu 9.10

Cihuy… Bertemu Lagi dengan si n00b13 cupu ini…disini saya akan memberikan ilmu yang sudah saya dapat yaitu tentang bagaimana cara meng-edit Grub Pada Ubuntu ???

Okey gak usah banyak cincong lagi.. caranya adalah :

Langkah pertama adalah melakukan backup file grub.cfg sebelum melakukan pengeditan pada file ini. caranya ketikkan perintah sudo cp /boot/grub/grub.cfg /boot/grub/grub.cfg.original di terminal. Perintah ini akan membuat backup file grub.cfg dengan nama grub.cfg.original. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar dibawah ini.

Dan untuk memastikan apakah file grub.cfg.original berhasil dibuat, kamu dapat mengetikkan perintah ls -lh /boot/grub/grub.cfg.original di terminal kamu. Apabila file grub.cfg.original berhasil dibuat maka terminal kamu akan menampilkan informasi seperti gambar dibawah ini.

Karena pada dasarnya file grub.cfg memiliki permission read untuk semua user namun disini dalam komputer saya sudah saya ubah menjadi read and write. Nah caranya untuk merubah permission menjadi read and write adalah ketikkan perintah sudo chmod 644 /boot/grub/grub.cfg di terminal. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar dibawah ini

Langkah berikutnya adalah menggunakan program gedit untuk mengedit file grub.cfg. ketikkan perintah sudo gedit /boot/grub/grub.cfg di terminal.

Selanjutnya adalah menghilangkan menu grub yang ingin dibuang. Pada kasus ini, saya membuang menu boot Ubuntu, Linux 2.6.31-14-generic dan Ubuntu, Linux 2.6.31-14-generic (recovery mode), juga Windows XP (/dev/sda1) karena saya sudah mengupdate kernel saya dengan versi yang lebih baru. Pada langkah ini anda diharapkan untuk lebih berhati-hati. Karena apabila salah tidak menutup kemungkinan kamu tidak dapat masuk ke mesin Linux kamu. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar dibawah ini. Gambar dibawah ini merupakan bagian yang saya buang dan sudah saya edit sesuai dengan kemauan saya.

Setelah mengedit menu grub jangan lupa menyimpan perubahan yang dibuat dengan menekan tombol CTRL+S. lalu close program gedit. Langkah terakhir adalah mengembalikan permission file grub.cfg ke mode read only dengan mengetikkan perintah sudo chmod 444 /boot/grub/grub.cfg di terminal. Untuk memastikan apakah perubahan yang kamu buat berhasil, kamu dapat melakukan restart mesin linux kamu dengan mengetikkan perintah sudo reboot di terminal.

Dan kalo Memang Bosan Dengan tampilan background yang hitam-putih pada grub kita dapat mengganti backgroundnya, caranya adalah :

– pastikan anda terkoneksi internet dengan lancar.

– buka terminal. (tekan Alt+F2, terus ketikkan : gnome-terminal)

– masuklah sebagai root. (ketikkan : sudo su)

– kemudian ketikkan : apt-get install grub2-splashimages

– masih di terminal, copylah gambar2 anda yang akan dijadikan background grub2 dengan cara mengetik : cp /usr/share/images/grub/*.tga /boot/grub

– klo sudah, sekarang ketik : gedit /etc/grub.d/05_debian_theme (cari baris : for i in {/boot/grub,/usr/share/images/desktop-base}/moreblue-orbit-grub.{png,tga} ; do …

– ganti tulisan yang bercetak tebal dengan nama image yang sudah tercopy di /boot/grub/ yang berextensi tga ..

– kalo sudah diganti, close jendela tersebut lalu pilih save.

– langkah terakhir, update grub anda dengan perintah : sudo update-grub

Semoga Bermanfaat……… ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *